HomeAnalisaFiqih

Bid’ah tidak sama dengan Mashalih Mursalah maupun Istihsan

Banyak kalangan yang tergelincir dalam bid’ah karena rancu dalam memahami masalah ini. Mereka lantas berdalil dengan apa-apa yang tergolong mashalih m

Akhbar Yaman 2
Antara Palestina dan Ahwaz
Panggung Sandiwara IRAN Rafidhoh Imamiyah

Banyak kalangan yang tergelincir dalam bid’ah karena rancu dalam memahami masalah ini. Mereka lantas berdalil dengan apa-apa yang tergolong mashalih mursalah untuk membenarkan amalan-amalan bid’ah. Karenanya, kita harus memahami perbedaan antara bid’ah, mashalih mursalah, dan istihsan secara fiqih; supaya jelas mana yang bid’ah dan mana yang bukan bid’ah.

Pertama-tama, kita harus tahu bahwa apa yang namanya ‘mashalih mursalah’ haruslah memperhatikan beberapa hal berikut:

A.    Ia harus sesuai dengan tujuan syari’at (yakni menjaga dien, akal, jiwa, harta, kehormatan, dan keturunan). Maksudnya, ia tidak boleh bertentangan dengan salah satu ajaran pokok syari’at, maupun dalil syar’i.

B.     Menentukan ada tidaknya maslahat -alias menggolongkan sesuatu ke dalam mashalih mursalah atau bukan- hanya bisa dilakukan pada hal-hal yang memang bisa dinilai secara logis. Artinya, bila kita renungkan dengan akal, akal bisa menerimanya.

Dari sini, tidak ada istilah mashalih mursalah dalam hal-hal yang sifatnya ta’abbudiyah (alias murni ibadah) atau yang berlaku seperti ibadah. Alasannya karena makna suatu ibadah tidak bisa difahami secara mendetail oleh akal. Contohnya wudhu’, tayammum, shalat, puasa, haji dan ibadah-ibadah lainnya. Cobalah Anda perhatikan tata cara bersuci yang berbagai macam (wudhu’, tayammum, mandi junub, dll). Masing-masing merupakan ibadah tersendiri dan memiliki cara yang zhahirnya ‘tidak masuk akal’. Kencing dan kotoran (tahi) adalah benda najis yang keluar dari dubur/kemaluan, dan keluarnya kedua benda tadi mengharuskan seseorang untuk membersihkan anggota-anggota wudhu’ (tangan, wajah, kepala dan kaki), selain membersihkan kemaluan/duburnya. Ia diwajibkan membersihkan anggota-anggota wudhu’ tersebut meski semuanya bersih dan tidak terkena kotoran. Namun sebaliknya, ia tidak wajib membersihkan keempat anggota wudhu’ yang kotor atau berdebu, bila ia tidak berhadats (keluar sesuatu dari lubang kemaluan/dubur).

Kemudian, bukankah tanah/debu itu bersifat mengotori? Namun mengapa ia justru menjadi pengganti air yang bersifat membersihkan dalam tayammum?

Demikian pula waktu-waktu shalat yang lima… kita tidak bisa menemukan kaitan yang jelas dan logis, mengapa shalat harus dilakukan di waktu-waktu tersebut dengan jumlah roka’at tertentu?

Begitu pula dalam ibadah puasa dan haji. Banyak hal yang tidak bisa kita mengerti hikmah/maksudnya.

Demikianlah sifat kebanyakan ibadah yang tidak bisa dimengerti maksudnya, meskipun ada juga sejumlah kecil ibadah yang maksudnya jelas dan dapat difahami melalui syari’at. Ini harus kita renungkan.

 

Benarlah apa yang dikatakan oleh Sayyidina Ali radhiyallaahu ‘anhu: “Andaikan agama harus berdasarkan logika, maka bagian bawah khuff[1] lebih pantas untuk diusap daripada bagian atasnya”.

 

Karenanya, Imam Malik berprinsip untuk tidak memperhatikan maksud apa yang tersembunyi di balik ibadah apa pun, meskipun bisa ditangkap dengan jelas. Sikap ini berangkat dari pemahaman beliau tentang keinginan Allah agar hamba-Nya pasrah saja dalam melaksanakan ibadah sebagaimana diperintahkan. Dan ini tidak sama dengan hal-hal yang sifatnya adat/kebiasaan; yang memang berjalan mengikuti makna-makna yang logis dan nyata; dan dalam hal ini, madzhab Imam Malik mengembalikan masalah adat kepada mashalih mursalah dan istihsan.

C.     Mashalih mursalah bertujuan untuk menjaga apa yang dianggap sangat penting. Artinya, ia termasuk hal-hal yang bersifat sarana, yang mutlak diperlukan dalam rangka menunaikan kewajiban. Atau bertujuan menghindari dampak negatif yang pasti terjadi. Alias bersifat ‘meringankan’.

 

Bila hal ini telah kita fahami, kita akan tahu bahwa bid’ah bertentangan dengan mashalih mursalah. Karena topik dari mashalih mursalah ialah apa-apa yang bisa difahami maksudnya secara rinci. Seperti hal-hal yang bersifat kebiasaan/adat, yang memang menjadi medan penerapan-nya. Adapun hal-hal yang sifatnya ibadah, maka hukumnya tidak sama dengan adat. Akal memang bisa memahami ibadah secara umum, namun tidak bisa memahaminya sebagai cara mendekatkan diri kepada Allah[2]. Karenanya, tidak boleh membikin ibadah baru yang tidak ada dasarnya dalam syari’at.

 

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah mengatakan: “Amalan manusia terbagi menjadi dua: Ibadah yang diyakini sebagai bagian dari agama dan bermanfaat bagi akhirat, atau bagi dunia dan akhirat. Dan adat (kebiasaan) yang bermanfaat dalam kehidupan mereka. Hukum asal dalam ibadah adalah tidak disyari’atkan, kecuali bila Allah mensyari’atkannya. Sedangkan hukum asal dalam adat adalah tidak dilarang, kecuali yang dilarang oleh Allah”.

 

Kita tegaskan kembali, bahwa mashalih mursalah tujuannya ialah demi menjaga hal-hal yang sifatnya darurat, alias sebagai wasilah (sarana), bukan sebagai tujuan. Atau sebagai peringan dampak negatif yang pasti terjadi, bukan justru memberatkan.

 

Karenanya, tidak mungkin ada bid’ah muncul dari arah mashalih mursalah, mengingat bid’ah tadi dianggap sebagai ibadah, alias bukan sekedar wasilah (sarana). Bid’ah merupakan tujuan dari pelakunya, dan bid’ah justru membebani. Ini jelas bertentangan dengan prinsip mashalih mursalah, sehingga pelaku bid’ah pada dasarnya tidak membutuhkan mashalih mursalah tersebut.

 

Dari semua paparan tadi, kita jadi tahu bahwa Allah sengaja tidak menyerahkan masalah ibadah kepada pendapat hamba-Nya. Sehingga yang tersisa hanyalah mengikuti aturan yang sudah baku dalam ibadah. Setiap tambahan yang diberikan kepada ibadah berarti bid’ah, sebagaimana menguranginya juga bid’ah.

 

Kedua: Masalah istihsan (menganggap baik) juga menjadi syubhat bagi orang yg hendak membikin bid’ah. Ia mungkin berkata: “Kalaulah aku menganggap hal ini dan itu sebagai kebaikan, toh si Fulan yang tergolong ulama juga menganggapnya baik”

 

Berangkat dari sini, harus dijelaskan apakah pengertian istihsan itu menurut ulama yang menganggapnya sebagai ‘hukum’, agar tidak ada orang jahil yang terkecoh, dan tidak dijadikan dalil oleh pelaku bid’ah.

 

Kita katakan: Ada dua imam yang menganggap istihsan sebagai dalil yang mu’tabar, yaitu Imam Malik dan Abu Hanifah, rahimahumallaah. Menurut yang telah dibakukan dari madzhab mereka, istihsan merujuk kepada pengamalan salah satu dari dalil yang paling kuat, sebagaimana yang ditegaskan oleh Ibnul Arabi Al Maliki. Ini pula yang bisa ditangkap dari perkataan Al Karkhi (salah seorang ulama Hanafi), yang berbunyi: “Istihsan adalah tidak menghukumi suatu masalah dengan hukum yang sama dengan masalah-masalah semisal, namun beralih ke hukum lainnya karena adanya alasan yang lebih kuat”. Sedangkan definisi istihsan menurut Ibnul Arabi adalah: “Mengutamakan untuk tidak mengikuti konsekuensi suatu dalil, dengan cara mengecualikan atau mencari keringanan, karena adanya hal-hal yang bertentangan dengan konsekuensi dalil tersebut”.

Ibnul Arabi lantas membagi istihsan dalam beberapa bagian, di antaranya: Tidak mengamalkan dalil karena kebiasaan; tidak mengamalkannya karena suatu kemaslahatan; tidak mengamalkannya dalam hal-hal yang sepele agar tidak memberatkan, sembari menyebutkan contoh-contohnya.

Sedangkan Ibnu Rusyd Al Maliki mendefinisikannya sebagai: “Tidak menggunakan qiyas dalam suatu kasus, karena adanya makna tertentu dalam kasus tersebut yang mempengaruhi hukumnya”.

Pengertian istihsan menurut definisi-definisi tadi, tetap tidak keluar dari cakupan dalil-dalil. Dan dalil-dalil itu saling membatasi dan mengkhususkan satu sama lain.

 

Jadi, istihsan tidak bisa menjadi hujjah (argumentasi) bagi pelaku bid’ah, dan tidak bisa menjadi pegangan bagi orang yang hendak melakukannya tanpa ada dalilnya.

Adapun mereka yang berpegangan dengan istihsan dalam pengertian: “Apa yang dianggap baik oleh seorang mujtahid berdasarkan akalnya, dan cenderung kepadanya berdasarkan pendapatnya”, atau dalam pengertian: “Suatu dalil yang melintas di benak mujtahid, akan tetapi ia tidak bisa mengungkapkannya dan tidak sanggup menunjukkannya”; maka kita tidak mengenal adanya ibadah yang bisa dilakukan berdasarkan pengertian tersebut; baik dengan alasan darurat, dengan alasan pengamatan, maupun karena dalil yang bersifat qothi’ atau zhanni sekalipun.

 

Istihsan dalam pengertian inilah yang dimaksud oleh Imam Syafi’i rahimahullah ketika mengatakan: (مَنِ اسْتَحْسَنَ فَقَدْ شَرَعَ), “Siapa yang ber-istihsan, berarti telah membikin syari’at (baru)”.

 

Sebagaimana diketahui bersama, para sahabat radhiyallaahu ‘anhum hanya menggunakan pengamatan (analisa) dalam beberapa kejadian dan peristiwa yang tidak ada nash (dalil)-nya. Ketika itu mereka ber-istimbath (menyimpulkan), dan mengembalikan hukum peristiwa tsb kepada dasar-dasar agama yang mereka fahami. Tidak ada seorang pun dari mereka yang mengatakan: “Aku memutuskan begini karena akalku menganggapnya baik, atau naluriku cenderung kepadanya”.

 

Ya Allah, kami berlindung kepada-Mu dari setiap bid’ah dan pelakunya. Engkau-lah satu-satunya yang dapat mengabulkan permintaan ini… dan kami memohon kepada-Mu agar selalu berada di atas Sunnah dan mendapat ‘afiyah… Amien.

 

Disadur dari artikel berjudul: “Al Bid’ah wa Aatsaaruhas sayyi’ah”, oleh DR. Abdul Karim Murad, Dekan Fakultas Syari’ah di Univ. Islam Madinah.


[1] Yaitu penutup kaki dari kulit yang betuknya mirip kaos kaki.

[2] Contohnya: Mengapa Allah memerintahkan kita untuk berkurban pada tanggal 10 Dzul Hijjah dan menganggapnya sebagai amalan yang paling besar pahalanya, namun jika ia berkurban sebelum shalat ‘ied maka kurbannya dianggap tidak sah? Mengapa Allah mewajibkan kita untuk puasa selama bulan Ramadhan namun mengharamkannya pada hari pertama bulan berikutnya? Dan lain-lain.

COMMENTS

WORDPRESS: 21
  • comment-avatar
    Tommi 9 years ago

    Assalamu’alaikum warrohmatulloh ustadz Sufyan,

    Membaca artikel antum diatas, berarti bisakah kita memasukkan pembukuan hadits2 kedalam masholih mursalah?

    Tetapi ada pertanyaan yg masih mengganjal nih pak ustadz, kenapa sahabat Abu Bakar -radhiyallahu ‘anhu- merasa keberatan ketika pertama kali Umar -radhiyallahu ‘anhu- mengajukan usul untuk membukukan Al Qur’an ketika banyak sahabat hafidz Qur’an yg gugur pada perang Yamamah, pdhl Umar ketika itu menyampaikan pada Abu Bakar bahwa ini adalah suatu kebaikan.

    • comment-avatar

      Wa’alaikumussalaam warahmatullah wabarakaatuh… Ahlan…

      Memang benar, pembukuan hadits, pengumpulan Al Qur’an dan standarisasi qira’at-nya merupakan mashalih mursalah bila syakk. Adapun keraguan Abu Bakar dan beberapa sahabat untuk menerima usulan tsb ketika pertama kali diusulkan, mungkin karena mereka belum jelas melihatnya sebagai suatu keharusan dan takut dianggap bid’ah… tapi yang penting dari pendapat seseorang ialah bagaimana akhirnya, bukankah begitu? Seperti kalau ada orang yg berpendapat keliru kemudian rujuk kepada al haq, maka hukumnya sesuai pendapatnya yg terakhir. Apalagi setelah itu Abu Bakar menerima usulan tsb dan menjadi Sunnah-nya Abu Bakar yg kita diperintahkan untuk mengikutinya.

      Lagi pula, ini jelas bukan bid’ah menurut kaidah yg dijelaskan oleh syaikhul Islam, bahwa bila suatu amalan motivasinya telah ada di zaman Nabi dan tidak ada yg menghalangi untuk dilaksanakan, maka bila ia dilaksanakan setelah itu, jadilah ia bid’ah. Namun bila motivasinya belum ada di zaman Nabi, atau sudah ada namun ada yg menghalangi pelaksanaannya; maka ia bukanlah bid’ah.

      Dalam kasus pengumpulan Al Qur’an, motivasinya di zaman Nabi belum ada, sebab Nabi -yg kepadanya turun AL Qur’an- masih hidup di tengah-tengah para sahabat, sehingga jika ada yg lupa atau ingin tanya sesuatu tentang Al Qur’an, mereka dapat langsung bertanya kepada Nabi. Kemudian para penghafal Al Qur’an masih banyak yg hidup, dan AL Qur’an belum turun secara final, alias masih ada yg dinasekh dan susunannya belum ditertibkan karena tidak semua surat turun secara keseluruhan. Inilah faktor2 yg tidak memungkinkan terjadinya pembukuan Al Qur’an dan standarisasi qira’atnya. Sehingga tidak bisa dikategorikan dalam bid’ah. Namun beda dengan perayaan maulid Nabi. Karena maulid dikaitkan dengan hari kelahiran Nabi, yg berarti selama beliau berkuasa di Madinah, paling tidak beliau melalui 10 kali hari kelahiran beliau, dan ketika itu beliau menjadi orang nomor satu yang demikian ditaati oleh para sahabatnya… apa susahnya jika beliau memerintahkan untuk ‘sekedar’ merayakan hari maulidnya… jika para sahabat saja taat bila disuruh berperang, maka sekedar maulid tentunya tidak masalah bagi mereka. Tapi, mengapa hal ini tidak pernah terjadi di zaman beliau, tidak pula di zaman Khulafa’ur Rasyidin yg berlangsung selama 30 tahun, dan tidak pula di zaman Bani Umayyah yg berlangsung selama 96 tahun, dan tidak pula dua abad kemudian, sehingga baru muncul di abad keempat hijriah?

      • comment-avatar
        dindin 9 years ago

        kalau minta kekuburan itu baru bid’ah, mauludan mah untuk sekarang sangat penting kaya membukukan qur’an setelah rasul meninggal. daripada nonton sinetron kan lebih baik kemesjid menyegarkan kepala kita dengan kisah perjuangan nabi dan itu menunjukan kita mencintai nabi. Nabi sendiri mengatakan kita harus banyak2 sholawat agar kelak kita dapat syafaatnya. nah dalam peringatan maulud itu kita juga baca banyak2 shalawat. Jangan kelewatan ah ustad dalam menyalahkan orang lain. Kita aja sholat, mana hadisnya sholat dhuhur, asar, isa 4 rakaat dan maghrib 3 rakaat serta subuh 2 rakaat, dalam qur’anpun ga ada, kita meniru dari orang2 dahulu, dimulai para sahabat, tabi’in, tabiit tabiin, orang tua kita. Nembah berhala, kuburan, bendera, percaya nabi palsu seperti ahmadiyah, baru itu bid,ah.

        • comment-avatar

          Emang perayaan maulid ada dalilnya dlm Al Qur’an, Emang nt punya riwayat yg shahih dan sharih bhw para sahabat, tabi’in, dan tabiit tabiin merayakan maulid??? Alasan yg nt jadikan dalil itu sudah usang… sdh rampung dibahas oleh para ulama, dan ga’ ada sangkut pautnya dengan bid’ah. Nonton sinetron itu maksiat bukan bid’ah… pelakunya masih bisa diharapkan untuk taubat karena bagaimanapun dia sadar kalau dia keliru. Tapi orang-orang yg demen maulidan susah diharapkan untuk bertaubat, meskipun kita jelaskan dengan seribu dalil bhw itu bid’ah… sebab mereka merasa benar. Inilah bahaya bid’ah… semoga Allah menyadarkan anda dan membuka mata hati anda untuk menerima kebenaran meski bertentangan dgn selera pribadi.
          Nyembah Berhala, kuburan, bendera, percaya nabi palsu spt Ahmadiyah itu baru Bid’ah???? Wah, payah nt… itu kufur dan syirik bung, bukan bid’ah. Kalau nt ga’ bisa bedain bid’ah dengan syirik dan kekafiran, ahsan nt diem aja biar selamat, alias tidak tersesat dan menyesatkan.

          • comment-avatar
            fikar 8 years ago

            Pembacaan maulid adalah
            1. ta’lim
            2. membaca sejarah nabi
            3. silaturahim
            4. sedekah
            5. mencari ilmu (terutama tentang keteladanan Nabi)

            Abu Hudzaifah lucu sekali menanyakan apakah hal seperti di atas ada dalilnya dalam Quran…

            Kalau tidak tahu dalilnya dengan senang hati akan kamu tuliskan

          • comment-avatar
            Abu Hudzaifah Al Atsary 8 years ago

            Semua yg antum sebutkan (no 1-5), adalah SALAH SATU bentuk perayaan maulid Nabi shallaahu ‘alaihi wa sallam, dan TIDAK BERARTI bahwa semua yg merayakan maulid HANYA melakukan kelima hal tadi.
            Tapi oke lahh, dalam rangka menjawab pertanyaan antum, ana akan membuat tanya jawab dengan logika yg sama…
            Tanya: Bagaimana hukum mengucap shalawat secara mutlak? (MUTLAK artinya tidak terikat dgn waktu/tempat/cara tertentu).
            Jawab: Secara mutlak, mengucap shalawat itu diperintahkan berdasarkan Al Qur’an dan Sunnah. Namun dalam kondisi tertentu, perintah ini bisa berkedudukan sunnah, bisa pula wajib, bisa pula makruh, dan bisa pula bid’ah (haram)…
            Contoh mengucap shalawat yang hukumnya wajib ialah ketika duduk tasyahhud akhir (menurut madzhab Syafi’i dan Hambali) dan ketika mendengar Nama Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam disebut. Dan ini berarti tidak sama dengan perintah shalawat yg mutlak, sebab ia telah dibatasi dengan waktu, tempat, dan cara tertentu.
            Contoh mengucap shalawat yg hukumnya sunnah ialah ketika hari jum’at, ketika hendak berdoa (setelah mengucap hamdalah dan sebelum memanjatkan doa), ketika masuk mesjid, dan semisalnya.
            Contoh mengucap shalawat yg hukumnya makruh (atau boleh jadi haram) ialah setelah bersin. Sebagaimana dlm riwayat berikut:
            سنن الترمذي (5/ 81)
            عن نافع : أن رجلا عطس إلى جنب ابن عمر فقال الحمد لله والسلام على رسول الله قال ابن عمر وأنا أقول الحمد لله والسلام على رسول الله وليس هكذا علمنا رسول الله صلى الله عليه و سلم علمنا أن نقول الحمد لله على كل حال
            نال أبوعيسى هذا حديث غريب لا نعرفه إلا من حديث زياد بن الربيع
            Dari Nafi’, katanya, “Ada seseorang yang bersin di samping Ibnu Umar, lantas mengatakan ALHAMDULILLAH WASSALAAMU ‘ALA RASUULILLAAH”. Maka Ibnu Umar mengatakan, “Aku juga mengucapkan Al Hamdulillah dan Salam atas Rasulullah, AKAN TETAPI, Rasulullah shallaahu ‘alaihi wa sallam tidak mengajari kami demikian. Beliau mengajari kami agar mengatakan ALHAMDULILLAH ‘ALA KULLI HAAL (artinya: Segala puji bagi Allah atas setiap keadaan)”. Hadits ini dinyatakan Gharib oleh At Tirmidzi, Dan dishahihkan oleh Syaikh Al Albani.
            Nah, dari riwayat tadi jelaslah bahwa walaupun mengucap hamdalah dan salam kpd Rasulullah itu adalah sesuatu yg masyru’ secara mutlak, akan tetapi bila ia dikhususkan dlm kondisi tertentu yg tidak ada dalilnya, maka ia tidak menjadi masyru’… nah, demikian pula dengan mengkhususkan hari maulid nabi dgn amalan2 tertentu yg pd dasarnya masyru’ secara mutlak, ini juga bukan sesuatu yg dibolehkan -apalagi dianjurkan- dlm agama. Sebab kalaulah hal tsb memang baik dan merupakan amal shalih, maka Nabi Shallallaahu ‘alaihi wa sallam PASTI HARUS menjelaskannya, sebab beliau sendiri mengatakan dlm hadits riwayat Muslim dari Abdullah bin Amr bin Ash, dari Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam, yg bersabda:
            صحيح مسلم – عبد الباقي (3/ 1472)
            إنه لم يكن نبي قبلي إلا كان حقا عليه أن يدل أمته على خير ما يعلمه لهم وينذرهم شر ما يعلمه لهم
            Sesungguhnya, tidak ada seorang Nabi pun sebelumku, melainkan wajib baginya untuk menunjukkan umatnya kepada kebaikan apa saja yg ia ketahui bagi mereka, dan memperingatkan mereka dari kejelekan apa saja yang ia ketahui bagi mereka… alhadits.
            Konsekuensi dari hadits ini ialah, bila memang perayaan maulid tsb baik, maka Nabi harus menjelaskannya… kalau tidak, berarti: A. beliau telah meninggalkan kewajiban. Atau, B. Bila antum menganggapnya sebagai kebaikan, maka antum lebih alim dari Rasulullah…
            Nah, silakan pilih mau yg A atau B… tapi dua-duanya batil.

  • comment-avatar

    […] Ali radhiyallaahu ‘anhu: “Andaikan agama harus berdasarkan logika, maka bagian bawah khuff[1] lebih pantas untuk diusap daripada bagian […]

  • comment-avatar

    […] memahami ibadah secara umum, namun tidak bisa memahaminya sebagai cara mendekatkan diri kepada Allah[2]. Karenanya, tidak boleh membikin ibadah baru yang tidak ada dasarnya dalam syari’at. Syaikhul […]

  • comment-avatar
  • comment-avatar

    […] [1] Yaitu penutup kaki dari kulit yang betuknya mirip kaos kaki. […]

  • comment-avatar

    […] Ali radhiyallaahu ‘anhu: “Andaikan agama harus berdasarkan logika, maka bagian bawah khuff[1] lebih pantas untuk diusap daripada bagian […]

  • comment-avatar

    […] memahami ibadah secara umum, namun tidak bisa memahaminya sebagai cara mendekatkan diri kepada Allah[2]. Karenanya, tidak boleh membikin ibadah baru yang tidak ada dasarnya dalam […]

  • comment-avatar
    Hadian 9 years ago

    Bihamdillah,, dgn penjelasan ini kita semakin tahu apa itu bid’ah.
    Mohon do’anya kepada siapa aja yg mau mendo’akan, agar ana bisa menjelaskan hal-hal prinsip spt ini utk keluarga besar ana, yg mana msh doyan berbid’ah ria. Aamiin

  • comment-avatar

    […] Ali radhiyallaahu ‘anhu: “Andaikan agama harus berdasarkan logika, maka bagian bawah khuff[1] lebih pantas untuk diusap daripada bagian […]

  • comment-avatar
    qudwatunnissa 8 years ago

    Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh ustadz..bgmn budaya di indonesia klo lebaran atau hr raya pd pulang kampung alias mudik smp mrk berepot2 ria bdesakan atau mmaksakan diri utk mudik, smp teman ana bilang, lebaran itu wajib mudik dan ana lht fenomena ini mjd sprt ibadah tahunan alias ritual tahunan, apkh ini tmasuk bidah ustadz? Ana msh blm paham mbedakan adat/kebiasaan yg d perblhkan syariat dgn adat yg dikatakan bidah, soalny di indonesia ana perhatikan byk adat/kebiasaan yg pd akhirnya mjd sprt ritual/ibadah, krn dilakukan rutin..mohon penjelasannya ustadz! Contoh adat yg bs dikaterogikan bkn bidah apa ustadz?

    • comment-avatar
      Abu Hudzaifah Al Atsary 8 years ago

      Wa’alaikumussalaam warahmatullah wabarakaatuh…
      Ana akan menjawab khusus terkait mudik saja, adapun adat yg lain tidak bisa ana hukumi secara pukul rata…

      Ala kulli haal, masalah mudik pada dasarnya adalah kebiasaan, bukan ibadah. Ia bisa saja bernilai ibadah bila diniatkan silaturahmi. Akan tetapi, tidak boleh ada i’tikad bahwa hari raya idul fitri memiliki fadhilah tersendiri sebagai even silaturahmi, kecuali kalau ada dalil khusus yg menunjukkan disyariatkannya mudik/pulang kampung/silaturahmi menjelang hari Raya atau saat hari Raya… (dan sejauh ini, ana belum mendapatkannya).

      Tidak semua kebiasaan yg dilakukan rutin lantas menjadi bid’ah, lha namanya saja adat/kebiasaan… otomatis akan sering terulang. Akan tetapi bila diiringi i’tikad bahwa hal tsb adalah bagian dari agama/disyariatkan; maka inilah yg menjadikannya bid’ah.
      Adapun sekedar kebiasaan yg tidak bertentangan dengan syariat, tanpa ada i’tikad spt itu, maka insya Allah tidak mengapa dan bukan termasuk bid’ah… walaupun dilakukan rutin. karena memang kesempatan para pegawai untuk pulang kampung ialah menjelang hari raya… jadi ini sekedar memanfaatkan kesempatan saja.

      Adapun bila seseorang mengatakan bahwa mudik itu wajib spt wajibnya shalat; maka ini bid’ah. Kalau yg dimaksud ‘wajib’ bukan dlm pengertian fiqih, namun identik dengan ‘harus’ dan tidak disangkut-pautkan dengan agama… maka ana tidak berani mengatakan bahwa pendapat itu bid’ah.

      wallaahu a’lam.

  • comment-avatar
    qudwatunnissa 8 years ago

    Jazakumullah khoiron katsiro atas penjelasannya ustadz

  • comment-avatar
    Abu Muflih 8 years ago

    Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

    Semoga Allah memberkahi ilmu-ilmu Ustadz dan menjadikan tetap istiqomah mendakwahkan pemahaman yang haq ini, aamiin
    Ijin bertanya Ustadz,.. ada pemahaman bahwa adzan 2x yang dilakukan pada masa Utsman Bin Affan hanyalah istihsan saja? dan dijadikan pembenaran bagi adanya bid’ah hasanah,. bagaimana menjawab syubhat ini Ustad,. Jazaakaumullohu khairan untuk pengetahuannya.

    • comment-avatar
      Abu Hudzaifah Al Atsary 8 years ago

      Wa’alaikumussalaam warahmatullah wabarakaatuh…
      Aamien atas doanya, adapun adzan dua kali di masa khalifah Utsman radhiyallaahu anhu adalah termasuk sunnah khulafaaurraasyidien yg kita diperintahkan oleh Rasulullah untuk berpegang teguh kepadanya. jadi, ini sama sekali bukanlah istihsan, namun masuk dalam pengertian Sunnah… dan sama sekali tidak ada kaitannya dengan bid’ah hasanah.
      Demikian pula dgn melakukan shalat taraweh berjamaah dan sunnah2 (ajaran) khulafaur Rasyidin lainnya yg tidak mendapat penolakan dari sahabat Rasulullah lainnya… alias diterima dan diamalkan oleh mereka.

  • comment-avatar

    asslmlkm…ijin copas ustadz, artikelnya bagus, semoga bisa mmbuka hati dan fikiran kita sehingga mnambah khasanah keilmuan kita agar tidak taqlid. terimakasih ustadz…

  • comment-avatar
    herlindawati 7 years ago

    Tuh baru penjelasan ….ringkas , cepat , tepat …

DISQUS: